Published On: Sen, Nov 26th, 2018

Desa Batulicin Irigasi Masuk Program PROKLIN Kementerian Lingkungan Hidup

Share This
Tags
Print Friendly, PDF & Email

BATULICIN – Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu (DLH Kab Tanbu) menjadikan Desa Batulicin Irigasi sebagai Kampung Iklim.

Kampung Iklim merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Program Kampung Iklim (Proklim) adalah program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementrian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong masyarakat untuk melakukan peningkatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca (GRK)

Kampung iklim ini berfungsi membuat lingkungan bersih, nyaman, hijau dan bebas banjir.

Selain diharapkan mampu mengelola lingkungan, kampung iklim diharapkan pula mampu meningkatkan ekonomi masyarakatnya.

Di Tanah Bumbu, Dinas Lingkungan Hidup setempat menjadikan Desa Batulicin Irigasi sebagai Kampung Iklim.

IMG-20181125-WA0041

Desa Batulicin Irigasi ini telah memenuhi kriteria upaya adaptasi maupun mitigasi terhadap perubahan iklim selama lebih dari 2 (Dua) tahun sebagaimana dipersyaratkan dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Kampung Iklim.

Kepala DLH Tanbu, Rahmat Prapto Udoyo, berharap kedepannya program Kampung Iklim ini dapat dijalankan di tiap Desa dan Kelurahan di Tanah Bumbu.

Menurutnya, melalui Program Kampung Iklim (PROKLIM) diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK.

“Terkait kampung iklim ini, nantinya Pemerintah akan memberikan penghargaan terhadap masyarakat di lokasi tertentu yang telah melaksanakan upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan,” ujarnya.

ontoh upaya adaptasi misalnya dengan peningkatan ketahanan pangan, pembuatan aturan yang bertujuan mempertahankan kualitas dan kuantitas mata air, sedangkan contoh upaya mitigasi dengan pengomposan atau pemanfaatan biogas.

Terkait Kampung Iklim ini, Sabtu (24/11) kemarin, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi Desa Batulicin Irigasi.

Kunjungan tersebut dalam rangka melihat langsung Kampung Iklim di Tanah Bumbu. Kunjungan tersebut terkait juga dengan rencana didaftarkannya Desa tersebut kedalam Program Kampung Iklim oleh DLH Provinsi Kalimantan Selatan. (Rel)

About the Author

-