Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/batulici/public_html/wp-content/mu-plugins/tikro.php on line 1
OPINI: Proyek Penunjukan Langsung Menjadi ” Sarang Korupsi “? – BatulicinNews.com
Published On: Sel, Nov 19th, 2013

OPINI: Proyek Penunjukan Langsung Menjadi ” Sarang Korupsi “?

Share This
Tags
Print Friendly, PDF & Email

20131119-081615 AM.jpg

Opini
Oleh: Gusti Wahyu Hidayat SH

Pemerintah dan semua instansi terkait perlu mewaspadai percepatan penyerapan anggaran yang dilakukan dengan penunjukan langsung bagi proyek dibawah Rp 200 juta, sebab proyek penunjukan langsung rentan penyelewengan dan dijadikan sarang korupsi.

Banyak proyek penunjukan langsung yang dilaksanakan secara asal asalan dan adanya ” japrem ” untuk oknum Anggota DPRD yang meloloskan anggaran, apalagi RAPBD Tanah Bumbu diperkirakan tahun 2014 tahun politik akan besarannya akan mencapai Rp. 1,6 T.

Menteri Keuangan M.Chatib Basri di Jakarta kepada media pada waktu lalu menyatakan permasalahan yang dikeluhkan dari rendahnya penyerapan APBN, salah satunya akibat dari masalah lelang yang lambat, permasalahan ini bakal diatasi dengan cara penunjukan langsung dan lelang yang lebih cepat untuk anggaran proyek dibawah Rp. 5 Miliyar.

Aturan penunukan langsung dipayungi oleh Peraturan Presiden No.70 tahun 2012 tentang perubahan kedua atas Perpres nomor 54 tahun 2010 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah. Proyek pemerintah mencakupbarang dan jasa dengan nilai dibawah Rp. 200 juta bisa ditunjuk langsung tanpa tender.

Karena itulah mengingat percepatan penyerapan anggaran, proyek penunjukan di wilayah atau daerah sangat rentan akan korupsi, dari pengerjaan proyek yang asal asalan sehingga kwalitas dan kwantitas tidak terpenuhi, hingga “jatah preman” Anggota DPRD dalam setiap proyek penunjukan yang mencapai 8% hingga 10% dari nilai anggaran proyek, sehingga PU yang menjadi badan pengawasan serta berfungsi mengatur pengerjaan umum hanya bisa menjawab,” tidak enak pa, itu proyek titipan BAPAK”. GW

About the Author

- Kontributor Media Online BatulicinNews.com : SATUI