Deprecated: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead in /home/batulici/public_html/wp-content/mu-plugins/tikro.php on line 1
Tanah Bumbu Kembangkan Padi "H Maming" – BatulicinNews.com
Published On: Rab, Jun 7th, 2017

Tanah Bumbu Kembangkan Padi "H Maming"

Print Friendly, PDF & Email

Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming bersama Dinas Pertanian akan mengembangkan padi jenis Inpari 32 dan Padi Gogo dengan Branding Padi H Maming untuk para petani yang ada diwilayah tanah bumbu yang nantinya akan menjadi salah satu lumbung padi di provinsi Kalimantan Selata.

Hal tersembut disampaikan Bupati Tanah Bumbu yang juga menjabat selaku Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Daerah Seluruh Indonesia (Apkasi) dalam kunjungan Safari Ramadhan, Rabu (7/6/2017) di Desa Karang Intan Kecamatan Kuranji.

Dengan melihat potensi lahan pertanian di Kabupaten Tanah Bumbu berkembang cukup baik maka pemerintah daerah mulai membagikan bibit unggul jenis inpari 32 dan padi gogo yang diberi nama Haji Maming secara gratis,  dimana bibit unggul tersebut merupakan bibit yang diperoleh dari BPPT balai pembenihan pusat dan diolah oleh tenaga ahli agar dikembangkan menjadi bibit unggul untuk para petani yang ada ditanah bumbu.

“Kelebihan dari bibit unggul padi sawah inpari 32 ini dalam satu hektar sawah mampu menghasilkan 8 hingga 9 ton padi ” kata Mardani H Maming.

Mardani berharap melalui bibit padi unggul ini penghasilan petani lebih meningkat dan mampu mendongkrak penghasilan dan perekonomian masyakat.

Pada tahun 2018 ini pemerintah daerah menggalakkan pertanian yakni padi, serai,dan talas selain dari sawit dan karet untuk kedepannya.

Untuk saat ini ada dua jenis padi yang dikembangkan yakni padi inpari 32 untuk padi sawah dan padi gogo untuk jenis lahan kering atau tumpang sari.

“Pemerintah daerah akan  bekerjasama dengan pihak ketiga nantinya untuk membangun pabrik beras sehingga hilir mudiknya hasil pertanian dapat di kelola oleh pemerintah sendiri dan menjadi produsen beras yang mampu menyaingi daerah lain di Indonesia,” tutupnya.

IWAN/RELHUM

About the Author

- Berita pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu