Published On: Rab, Feb 7th, 2018

Tanbu Terus Tingkatkan Pembangunan Pariwisata

Share This
Tags
Print Friendly, PDF & Email

BATULICIN – Kabupaten Tanah Bumbu (Kab Tanbu) terus meningkatkan pembangunan sektor pariwisata guna mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat Bumi Bersujud. Upaya yang dilakukan yaitu dengan membuat aturan atau dasar hukum tentang kepariwisataan.

Selasa, (6/2/2018) kemarin, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Inisiatif DPRD tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan.

“Raperda penyelenggaraan kepariwisataan ini merupakan bentuk syukur kita terhadap ciptaan-Nya, juga dijadikan sebuah peraturan yang nantinya dijadikan kebijakan dalam mengembangkan kepariwisataan dalam memberikan kepastian dan kejelasan arah bagi peningkatan pelayanan publik di bidang kepariwisataan,” ujar Ketua DPRD Tanah Bumbu H Supiansyah ketika menyampaikan Raperda Inisiatif DPRD tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan saat Rapat Paripurna DPRD Tanbu, di Batulicin.

Menurutnya, pengembangan kepariwisataan perlu tetap memperhatikan segenap potensi sumberdaya destinasi wisata yang dilandasi oleh norma-norma, nilai-nilai, dan kekayaan budaya daerah sehingga mampu memberikan manfaat yang seluas-luasnya dan berpihak kepada komunitas lokal.

Terkait raperda inisiatif yang disampaikan, kata H Supainsyah, dengan adanya payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) diharapkan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu khususnya Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata mempunyai landasan hukum untuk mengatur, memperhatikan, dan membuka potensi destinasi wisata baru di Tanah Bumbu.

“Harapan kita semua, pariwisata di Tanah Bumbu dapat dikenal hingga keseluruh Indonesia maupun mancanegara. Tentunya semua itu tidak terlepas dari bagaimana pengelolaannya, baik dari sarana prasarananya yang tidak hanya unik tetapi juga menarik, serta kemudahan akses menuju ke objek tersebut,” ujarnya.

Ia menambahkan, Tanah Bumbu memiliki banyak potensi dan objek wisata. Bahkan ada pula yang sudah mendapat tempat dihati para wisatawan mancanegara maupun domestik. Apalagi wisata di Tanah Bumbu ditunjang dengan beraneka ragamnya kesenian daerah, baik berupa tari-tarian bahkan acara adat tahunan yang dikenal dengan upacara Mappanretasi.

Adapun Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu Penyampaian Raperda Insiatif DPRD tentang Penyelenggaraan Kepariwisataan dihadiri Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming diwakili Plt Sekda Tanbu H Erno Rudi Handoko, Anggota DPRD Tanah Bumbu, Forkorpimda, dan Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu. (Rel/MC.Tanbu)

About the Author

-