Published On: Rab, Nov 30th, 2016

Tukar Guling Tanah Polsek Satui Bermasalah ?

Share This
Tags
Print Friendly, PDF & Email

image

SATUI : Ganti tanah atau “tukar guling” tanah milik Polsek Satui di Desa Satui Barat Kabupaten Tanah Bumbu akibat penambangan oleh PT Tata Mining beberapa tahun silam kini bermasalah lagi. Selain adanya aktivitas land clearing serta penurunan papan nama atas nama Polri,  diduga luasan penggantian tanah tersebut juga tidak sesuai dengan tanah asal.

Manager PT Tata Mining, Jhonny Sangeroki , membenarkan bahwa tukar guling lahan sudah dilakukan. Lokasi tanah berada di Jalan Poros Satui Desa Satui Barat (Jalan Baru Belakang Kantor Tata Mining).

“Benar Itu Tanah Polsek Satui, Tapi Masalah Yang Lain Lain Kami Tidak Tahu”, kata Jhoni beberapa waktu lalu.

“Itu tanah merupakan tukar guling atau penggantian Tanah Polsek Satui yang di sebelah sana, masalah ukuran dan lain lain saya tidak paham, karena saat itu saya tidk sampai selesai menanganinya diperusahaan”, ungkap Joni dihadapan anggota Kepolisian Sektor Satui dan crew redaksi BatulicinNews.com.

image

Kapolsek Satui melakukan pengukuran ulang luas lahan yang baru

Terkait status hukum,berita acara serah terima tanah , baik ukuran dan kewenangan serta serta lainnya, pihak Kepolisian Sektor Satui belum bisa memberikan keterangan resmi, sebelumnya perkara ini ditangani  langsung oleh Kepolian Daerah (Polda)  Kalimantan Selatan.

Sementara itu, terkait ukuran, data yang diperoleh BatulicinNews.com, ukuran pengganti tanah hanya sekitar 100m x 100 meter, sedangkan tanah Polsek Satui sebelumnya yang di garap PT Tata Mining 70m x 240 meter ( sesuai Surat Pernyataan Haji Abidin ,tertanggal 10 Desember 1995, yang diketahui Camat Satui, Drs.Suwardi tertanggal 16 April 1996) .

Penulid: Red

About the Author

-