Published On: Sel, Apr 24th, 2018

Warga Saksikan Serunya Balap Perahu Tradisional di Pantai Pagatan

Print Friendly, PDF & Email

BATULICIN – Warga Tanah Bumbu memadati Pantai Pagatan Kecamatan Kusan Hilir, Selasa (24/4/2018) pagi.

Mereka datang untuk menyaksikan Lomba Balap Perahu Tradisional Kategori Umum yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Pemkab Tanbu) bekerjasama dengan Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Tanah Bumbu.

Lomba ini terlaksana atas dukungan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tanah Bumbu dan Lanal Kotabaru Tanah Bumbu.

Acara yang menjadi agenda rutin tahunan tersebut merupakan rangkaian dari memeriahkan Hari Jadi Ke 15 Kabupaten Tanah Bumbu dan Pesta Adat Maritim Mappanretasi Tahun 2018.

IMG-20180424-WA0014
Teriakan para penonton sebagai bentuk dukungan kepada peserta Lomba Balap Perahu Tradisional membuat suasana menjadi meriah.

Samsu Alam, satu diantara warga yang menyaksikan Lomba Balap Perahu mengaku terhibur dengan dilaksanakanya kegiatan tersebut.

Menurutnya kegiatan semacam ini harus terus dipertahankan dan rutin digelar karena lomba balap perahu merupakan salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya.

Sementara itu, Ketua PODSI Tanah Bumbu, Samsisar mengatakan digelarnya lomba balap perahu merupakan permintaan masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Tanah Bumbu.

IMG-20180424-WA0013
Selain menggelar lomba balap perahu tradisional di Pantai Pagatan juga dilaksanakan lomba balap perahu naga atau dragon boat, lomba balap speed boat, lomba balap perahu mesin bala bala, lomba balap perahu kategori pelajar dan pejabat, serta lomba perahu lainnya.

“Kegiatan ini juga menjadi momentum bagi kita untuk menseleksi pedayung berkualitas yang dipersiapkan menghadapi gelaran olahraga dayung diberbagai tingkatan sehingga kita tidak susah lagi mencari atlet,” ujarnya.

Samsisar juga berharap kedepannya Tanah Bumbu memiliki arena khusus untuk olahraga air ini. (Rel/MC.Tanbu)

Portal Berita Tanah Bumbu

About the Author

-